Kamis, 25 Februari 2010

[II3602]Tugas 2 Keamanan Informasi

Tugas kali ini terkait dengan DNS (Domain Name System).

  1. Anda diminta untuk mencari pemilik dari domain detik.com melalui whois. (Sebagai tambahan, Anda bisa melihat apakah name server-nya sama dengan yang ada jika di-query dengan nslookup.
  2. Berapa banyak domain tingkat 4 (4th level domain) di itb.ac.id dan buat daftarnya. (Yang perlu Anda cari hanya yang *.itb.ac.id.) Tools apa yang Anda gunakan?
Untuk mencari pemilik domain detik.com saya menggunakan situs who.is(tampilan situs ini sangat mirip dengan google lho..) dan hasilnya adalah sebagai berikut :
Siberkom, PT. Agranet Multicitra
Aldevco Octagon Building lt 2
Jl. Warung Buncit Raya 75
Jakarta, DKI Jakarta 12740
IN

Domain Name: DETIK.COM

Administrative Contact, Technical Contact:
Siberkom, PT. Agranet Multicitra @agrakom.com
Aldevco Octagon Building lt 2
Jl. Warung Buncit Raya 75
Jakarta, DKI Jakarta 12740
IN
+62 21 7941177 fax: +62 21 7941176

Name Servers:
ns1.detik.net.id
ns1.duniadetik.com

Sedangkan name server hasil query dengan nslookup dari situs ini adalah sama yakni ns1.detik.net.id dan ns1.duniadetik.com

Sedangkan untuk mencari seluruh domain tingkat 4 di itb.ac.id, pertama-tama saya mencari dengan menggunakan unix terminal (saya mencobanya di Mac OS) dengan perintah " host -l itb.ac.id > all.txt " untuk menyimpan list seluruh domain yang ada di itb.ac.id. Kemudian saya membuat sebuah program parsing sederhana yang kemudian menghasilkan sebuah file text yang berisi list seluruh domain tingkat 4 yang ada di itb.ac.id. Karena jumlah yang sangat banyak yakni terdapat 487 buah domain tingkat 4 di itb.ac.id, maka listnya tidak saya tampilkan dalam postingan ini. Namun, bagi yang tertarik ingin mengetahuinya, dapat mengunduh file text ini



Tidak ada komentar: