Rabu, 28 April 2010

[II3062]Mencari Identitas di facebook

Dikisahkan Anda diteror oleh seseorang di rekening Facebook Anda. Misalnya Anda menerima message dari orang yang tidak dikenal secara berulang-ulang, atau orang tersebut menuliskan pesan yang tidak bertanggung jawab. Bagaimana Anda mengetahui siapa orang ini?

Dalam kasus lain, Anda diminta untuk mencari tahu siapa yang membuat sebuah group tanpa ikut menjadi anggota dari group tersebut. Bagaimana caranya?

Singkatnya Anda diminta untuk melakukan investigasi terhadap rekening facebook. Uraikan ide-ide Anda.

Hmm,,cukup sulit juga ternyata tugas kali ini. Berikut ide saya untuk mencari identitas di facebook

1. Cukup banyak cara yang dapat digunakan untuk mengetahui siapa orang tidak dikenal ini. Cara yang paling sederhana adalah dengan mencari nama orang tersebut di google atau di situs jejaring sosial lain(friendster, myspace, dll ). Cara yang lain adalah dengan membuat sebuah akun palsu dan menjadi friend dengan orang tersebut agar bisa mendapatkan identitasnya. Agar kemungkinan di approve lebih besar, pasang profile picture yang menarik(ex : cewe cakep :D). Kedua cara diatas hanya bisa berhasil jika akun orang tersebut merupakan akun dengan identitas asli dari orang tersebut.

Jika akun yang digunakan oleh orang tersebut adalah akun palsu memang akan lebih sulit untuk mengetahui siapa orang tersebut. Salah satu cara yang bisa digunakan adalah dengan mengirim sebuah URL(via private message) dari server kita ke orang tersebut. Jika orang tersebut membuka URL tersebut kita bisa mendapatkan IP orang tersebut dan melakukan tracking IP-nya.

2. untuk mengetahui siapa yang membuat sebuah grup di facebook tentunya tidak akan susah jika grup tersebut bersifat public. Yang jadi masalah adalah bila grup tersebut bersifat private. Cara yang bisa digunakan untuk mengetahui siapa yang membuat grup tersebut adalah dengan membuat akun palsu dan ikut bergabung dengan grup tersebut. Jika telah tergabung dalam grup, tentunya akan mudah untuk mengetahui siapa yang membuat grup tersebut.


1 komentar:

Abdullah Hafidi mengatakan...

Gabung ke grup sudah dilakukan, akun ataupun identitas pembuat grup masih belum bisa dipecahkan. Mohon bantuannya karena ini bersifat teror terhadap suatu keluarga. Terima kasih...